Wednesday, July 14, 2010

Membuat MultiBoot Dengan USB flashdisk


Pernahkah terpikir oleh anda pengguna ubuntu kalau USB Flashdisk bisa dibuat MultiBoot?
Sekarang hal ini bukan lagi menjadi hal yang aneh, karena Flashdisk anda sekarang bisa dibuat Multiboot denga berbagai macam OS yang anda inginkan dengan hanya menggunakan Live USB.

Setelah Boot dari USB Flashdick anda maka multiboot akan menampilkan menu GUI untuk memilih OS yang ingin anda Boot atau Log Out ataupun Restart. ini merupakan cara yang bagus untuk memilih berbgai macam OS tanpa perlu memasukan DVD.
Selain itu manfaat utama menggunakan LiveUSB adalah kecepatan, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit dari Boot untuk merestart. saya sendiri menginstall ubuntu di komputer saya menggunakan LiveUSB. Menggunakan LiveUSB juga bisa memberikan anda kenyamanan karena anda tidak perlu CD ataupun DVD Drive lagi dan bisa memperpanjang umur DVD Drive anda. Dengan MultiBoot anda hanya memerlukan USB Flashdisk dengan kapasitas minimal 2 GB.
MultiBoot Ubuntu mendukung semua versi ubuntu, antara lain Kubuntu, Xubuntu dan Lubuntu. Dan berbagai macam Distro Linux yang mendukung Live CD.

Berikut saya tunjukan video pertunjukan dari Multiboot.



Untuk menginstall Multiboot anda perlu mendownload Sourcesnya terlebih dahalu, berikut linknya:

Download Multiboot tar.gz disini

Setelah anda mendownload sourcesnya, Kemudian Ekstrak filenya. setelah itu anda klik dua kali file install-depot-multiboot.sh anda akan diminta memasukan Password, masukan password anda dan tunggu sampai proses installasi selesai.
Multiboot dapat nada akses melalui menu Applications >> Accessories >> Multiboot.
Setalah itu silahkan anda bereksperimen menggunakan Multiboot.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.