Thursday, July 8, 2010

Download And Install Firefox 4 di Ubuntu


Salam Ubuntuers...
Baru saja kemaren saya ngepost tentang Firefox 3.6.6 eh dini hari tadi dapet kabar kalau Firefox mengeluarkan rilis yang sedang saya nanti-nanti. yupss Firefox kini hadir dengan versi terbaru yaitu Firefox 4 tapi sayang masih beta 1. engga pikir panjang lagi saya langsung download file sourcesnya dan langsung saya remove firefox 3.6.6 kemudian saya install Firefox 4 beta 1 ini lewat file sourcesnya, agak ribet sih tapi yah namanya juga rasa penasaran yang sudah menggebu-gebu pengen nyicipin neh rubah merah hoho...
berikut ulasan-ulasan singkat mengenai feature-feature firefox 4.

Tampilan Baru Yang Lebih Simpel

Kayaknya pengembang Firefox berusaha untuk membuat tampilan browsernya menjadi lebih simpel. seperti browser Chromium / Google Chrome.

Firefox 4 memiliki bentuk tab yang mirip dengan Chrome. Bedanya, tab milik Firefox terlihat transparan. Sementara untuk tombol menunya, Firefox 4 ini mirip dengan Opera 10.6. Dengan tampilan baru ini halaman Firefox 4 terasa lebih lega dan luas.

Feature baru yang mungkin akan membuat anda sedikit bingung adalah tampilan menunya yang kini berpindah tempat. anda tak lagi menemukan barisan menu yang ada di sisi atas. Sebagai gantinya, Firefox 4 hadir dengan satu menu berwarna orange bertuliskan Firefox. Saat di klik akan muncul menu seperti: news windows, options, history dan sebagainya.

Firefox 4 memiliki kolom bookmark baru yang terletak di sisi kanan kolom search. Menu ini memberi kemudahan kepada anda saat ingin melakukan bookmark dengan satu kali klik saja.

Add-On Yang Terintegerasi Dengan Browser

Firefox 4 kini memiliki add-on manager yang terintegerasi dengan browser. Saat pengguna mengklik add-on, tampilan langsung diarahkan ke tab browser baru. kayaknya Firefox kembali 'nyontek' model extensions milik Google Chrome.

Kemampuan dan Kecepatan.

kalo buat saya pribadi, Firefox 4 ini tampak lebih ringan ketimbang versi terdahulunya. Firefox 4 pun kini sudah mendukung HTML5 dan CSS3.
Screenshot Firefox 4 saya

Untuk informasi feature lebih lanjut silahkan kunjungi link berikut:
Firefox 4 beta feature

Note: untuk sementara waktu Firefox 4 masih belum kompatibel dengan  Add-ons saudara kandungnya yakni versi 3.6. di firefox saya cuma flashgot saja yang kompatibel yang lainnya masih belum hiks..hiks..

Untuk Mendownload Firefox 4 ini silahkan ikuti link-link dibawah ini:

Download Firefox 4

Untuk pengguna Ubuntu Linux, berhubung filenya masih berbentuk Sources, silahkan ikuti link dibawah ini untuk cara penginstallannya.

Install Firefox tar.bz2