Monday, May 3, 2010

Mempercepat Koneksi Menggunakan APT-FAST

untuk postingan kali ini saya akan memposting trik yang sudah saya terapkan 2 bulan yang lalu dan hasilnya lumayan bisa mempercepat koneksi saya yang super lemot.
trik ini saya pelajari dari ubuntu-indonesia dan seorang geek bernama Matt Parnell yang membuat sebuah script apt-fast dan membuat proses tersebut menjadi cepet dan ringan, syntax nya ngak jauh beda dengan yg dulu apt-fast. fitur ini cocok untuk digunakan buat para pengguna koneksi mobile-broadband dengan kecepatan yang kurang stabil alias minim.


Untuk dapat menggunakan fitur ini, silahkan unduh scriptnya Download Disini atau di sini kemudian beri status execute dan simpan script tersebut di folder /usr/bin agar bisa diakses system.
Untuk lebih jelas, urut-urutan instalasinya seperti ini :
saya asumsikan lokasi download script apt-fast adalah /home/nama/Downloads/namafile .

Langkah pertama,
ekstrak file apt-fast.tar.gz (klik kanan trus open with archive manager,  lalu beri atribut execute dengan cara mengetikan diperintah berikut di terminal :
# sudo chmod +x /home/nama/Downloads/apt-fast

Langkah kedua,
kemudian copy file tersebut ke direktori /usr/bin

# sudo cp /home/nama/Downloads/apt-fast /usr/bin

Langkah ketiga,
kemudian test dengan mengetikkan

# sudo apt-fast update 

apabila tidak ada masalah, proses update akan terlihat dan bisa anda lihat seberapa cepet prosesnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat