Friday, March 26, 2010

Mengenal Ubuntu

Asal Muasal Ubuntu

Ubuntu diambil dari bahasa afrika kuno yang berarti humanity to others atau rasa perikemanusiaan terhadap sesama manusia. adalah seorang pengusaha bernama mark shuttleworth, yang memiliki perusahaan yang bernama canonical Ltd. (www.canonical.com) mensponsori proyek ubuntu ini pada tahun 2004. tujuan dari distribusi linux ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung didalam ubuntu kedunia perangkat lunak.
Ubuntu merupakan varian atau turunan dari debian, yang merupakan salah satu distribusi linux tertua selain redhat dan slackware. keberadaan ubuntu semakin kuat karena di sponsori oleh Canonical Ltd. yang mempunyai dukungan baik dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi ubuntu yaitu perangkat lunak harus tersedia secara gratis dan tidak ada biaya lisensi, seperangkat lunak harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik , serta bersifat opensources, sehingga pengguna memiliki kebebasan untuk merubah perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan komputasi mereka.
kebebasan inilah yang membuat ubuntu berbeda dari pesaingnya misalnya microsoft windows yang merupakan perusahaan pembuat perangkat lunak yang bersifat proprietary atau berlisensi. ubuntu dapat diperoleh secara gratis apabila anda memintanya langsung kepada canonical Ltd. selain itu, anda mendapatkan kebebasan untuk memodifikasi ubuntu agar menjadi sebuah distro linux yang anda inginkan. bahkan anda bisa menamai sendiri versi ubuntu hasil modofikasi tersebut.

semoga bermanfaat