Monday, January 3, 2011

Cara Install LibreOffice di Linux Ubuntu

Libreoffice dikembangkan oleh sekelompok komunitas yang dinaungi oleh Yayasan The Document Foundation
Libreoffice merupakan perangkat aplikasi yang menangani kebutuhan perkantoran semisal menulis, menggambar, menyiapkan presentasi, dan lain-lainnya yang berhubungan dengan kantor dan tidak terkecuali masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, LSM, Instansi Pemerintah, UKM dan lain-lainnya bisa menggunakan aplikasi ini secara default untuk menggantikan Microsoft Office yang seperti kita ketahui harganya cukup MAHAL. Selain itu Libreoffice merupakan aplikasi GNU/Linux yang Opensource.

Libreoffice merupakan kelanjutan proyek dari openoffice.org yang kini dipegang oleh perusahaan raksasa Oracle, karena SUN yang dulunya menaungi openoffice.org telah diakuisisi oleh perusahaan tersebut.
Saya sendiri baru saja menginstall Libreoffice-3.3.0 dari segi penampilan hampir keseluruhannya sama dengan openoffice.org tapi saya sendiri yakin Libreoffice mempunyai kelebihan dibanding dengan openoffice.org.
Berikut screenshotnya:
pengen tau kelebihannya ? ? ?
Silahkan rasakan sendiri dengan mendownload di sini:

http://download.documentfoundation.org/libreoffice/testing/3.3.0-rc2/

Silahkan disesuaikan dengan OS anda masing-masing. Dan untuk pengguna Ubuntu akan saya terangkan tips untuk menginstallnya, cara yang paling mudah adalah dengan mendownload Libreoffice rilis terbaru, saat tulisan ini dibuat libreoffice 3.3 RC2 Silahkan Download Libreoffice terbaru disini dan sesuaikan dengan mesin Ubuntu anda:

http://download.documentfoundation.org/libreoffice/testing/3.3.0-rc2/deb/

ket: X86 = untuk pengguna 32 bit
        X86_64 = untuk pengguna 64 bit

Setelah di download, saya asumsikan file libreoffice hasil download-an tadi ada di folder home, misal nama user jenenge.
Ektrak file libreoffice tersebut lalu rename sesuka anda untuk memudahkan proses, sekarang buka terminal lalu eksekusi perintah berikut:

cd /home/jenenge/Libreoffice/DEBS

sudo dpkg -i *.deb

Setelah semua proses install diatas selesai eksekusi perintah berikut:

cd desktop-integration

sudo dpkg -i *.deb

Sekarang Libreoffice siap digunakan, buka menu Applications >> Office >> Libreoffice
Oke sekian dulu tulisan dari saya, semoga bermanfaat dan selamat menikmati Libreoffice

Referensi :
http://documentfoundation.org