Tuesday, August 3, 2010

Install Modem ZTE ac2726 di Archlinux Offline

Kemaren saya iseng-iseng Download .iso Archlinux pake flashgot+Prozilla awalnya engga percaya berhubung koneksi saya ini mentok cuma ampe 15 Kbps sedangkan besarnya file .iso Arch sekitar 324 Mb ternyata engga di sangka-sangka saya tinggal tidur selama +- 8 Jam selesai juga Downloadnya.
Setelah itu malah bingung mau diapain neh .iso, berhubung udah download terpaksa saya bakar aja ke flashdisk berharap bisa di install pake flashdisk eh taunya ngebakar pake unetbootin sih sukses tapi engga tau kenapa pas di install pada prosses apa yah saya lupa itu gagal mulu.

Makin engga sabar pengen nyicipin neh Arch kemudian saya hijrah sebentar kerumah temen niatnya sih mau ngebakar neh .iso ke CD setelah beres langsung deh ane tancap gas buat nge-Boot neh Ach di kompi ane, sukses ane install bermodal guide dari arch-wiki.
Nah ada kebingungan lagi setelah arch terinstall di kompi ane (tripleBoot: karmic, lucid, Arch) bingungnya mau update paket-paketnya, karena Arch membutuhkan koneksi internet sedangkan saya hanya bermodal modem ZTE AC2726, masalahnya cara koneknya gimana? googling sana sini engga ada yang memuaskan hasilnya, hampir aja putus asa setelah baca postingan di forum linux internasional, dalam hati aahhhh setau saya selama di linux itu pasti bisa terjadi. semangat masih membara....
Akhirnya dengan bermodal install wvdial di ubuntu ane mencoba menerapkan wvdial di arch, tanya ke temen akhirnya ane di kasih link buat download wvdial di reponya arch indonesia. ane download dah tuh file pake OS ubuntu, kemudian filenya ane pindahin ke direktory /home yang di arch biar nanti installnya gampang. reboot lalu masuk ke arch.
kemudian login pake root n masukin passwordnya.
setelah itu eksekusi perintah berikut:

cd /home

pacman -U wvdial-1.61-2-i686.pkg.tar.gz
Eh malah engga bisa ke install, ternyata paket wvdial ngebutuhin paket wvstreams dan wvstreams ngebutuhin paket xplc, yaudah terpaksa ane download lagi keduanya pake OS Ubuntu setelah di download seperti biasa pindahkan filenya ke direktory /home yang di Arch.
setelah itu reboot lalu masuk lagi ke Arch kemudian eksekusi satu-satu perintah berikut:

cd /home

pacman -U xplc-0.3.13-2-i686.pkg.tar.gz

pacman -U wvstreams-4.6.1.tar.gz

pacman -U wvdial-1.61-2-i686.pkg.tar.gz

nah sekarang wvdial dah ke install, bagaimana cara koneknya? ane aja bingung bro hihihi....
jadi gini edit dulu file wvdial.conf di /etc/wvdial.conf berikut perintahnya:

nano /etc/wvdial.conf

kemudian ketik ulang kode beriut:

[Dialer Defaults]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Modem Type = Analog Modem
Phone = #777
ISDN = 0
Password = smart
New PPPD = yes
Username = smart
Modem = /dev/ttyUSB0
Baud = 460800


kemudian save pake cara CTRL+X kemudian pilih Y dan Enter.
setelah itu coba eksekusi perintah berikut:

wvdialconf

wvdial


mungkin pada saat wvdialconf berjalan sukses tapi ane dapat kendala pada saat eksekusi perintah wvdial. error yang keluar sih ngasih tau kalo phone, username, sama passwordnya salah Grrrrrrrrrrr...
ane nyoba cabut colok modemnya tetep aja kayak gitu. karena iseng ane coba ngeliat tutorial install zte ac2726 di ubuntu yang pernah ane tulis beberapa saat yang lalu, disitu ane ngeliat catatan untuk membuat file baru di /etc/udev
ane coba buat lagi dengan perintah berikut

nano /etc/udev/rules.d/99-zte-ac2726.rules

kemudian ketik ulang kode berikut:

########################################################
# /etc/udev/rules.d/99-zte-ac2726.rules
#
# Smart ZTE AC2726 (EVDO)
#
SUBSYSTEM=="usb", SYSFS{idVendor}=="19d2",
SYSFS{idProduct}=="fff5", RUN+="/usr/sbin/usb_modeswitch
--default-vendor 0x19d2 --default-product 0xfff1
--message-content
5553424312345678c00000008000069f030000000000000000000000000000"


Entah itu file berpengaruh apa engga karena paket usb_modeswitchnya engga terinstall hehehe...
tapi anehnya setelah ane masukin itu file, wvdial bisa berjalan normal, cuma ada kendala isi dari file wvdial.conf berubah-ubah sampe ketiga kali ane benerin akhirnya wvdial ane dengan modem ZTE AC2726  bisa berjalan di ArchLinux.

Untuk Download paket-paketnya secara offline dilink berikut ini:

wvdial
wvstreams
xplc

Semoga bermanfaat...